2020, Gubernur BI Optimis Bahwa Prospek Ekonomi Indonesia Terjaga

0
4
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Foto: Antara)

Rotasimarket.com – Gubernur BI, Perry Warjiyo optimistis bahwa prospek ekonomi Indonesia 2020 terjaga dengan momentum pertumbuhan yang tetap berlanjut. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 diperkirakan meningkat dalam kisaran 5,1 persen-5,5 persen. Adapun untuk inflasi 2020 tetap terkendali sesuai sasaran 3,0+1 persen.

Ia juga menyampaikan, defisit transaksi berjalan pada 2020 diproyeksikan akan berada dalam kisaran 2,5 persen-3 persen dari PDB dimana surplus transaksi modal dan finansial tetap besar sehingga mendukung stabilitas eksternal. Nilai tukar rupiah pada 2020 diprakirakan bergerak stabil, dilansir dari Bisnis.

Sementara itu pertumbuhan DPK pada 2020 perbankan diprakirakan mencapai 8 persen-10 persen, sementara pertumbuhan kredit diprakirakan mencapai 10 persen-12 persen, sejalan turunnya suku bunga dan membaiknya prospek ekonomi.

Ia juga meyakini dengan transformasi ekonomi akan mendorong pertumbuhan lebih tinggi lagi, dengan defisit transaksi berjalan menurun dan inflasi rendah. Sehingga akan membantu mewujudkan cita-cita menuju Indonesia maju berpendapatan tinggi pada 2045.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here