Biaya Logistik Tinggi, Kawasan Terpadu Dibutuhkan Dalam Dunia Usaha

0
2
Ilustrasi Proses logistik nasional (Foto: Ist)

Rotasimarket.com – Pelaku industri menilai kehadiran kawasan terpadu sangat dibutuhkan dunia usaha lantaran biaya logistik yang masih tinggi. API menyampaikan fasilitas dalam pembangunan kawasan industri terpadu menjadi kunci untuk menarik pelaku industri masuk ke suatu kawasan.

Ernovian G. Ismy, Sekretaris Jenderal API menyampaikan pentepan harga harus terbuka. Menurutnya, salah satu sistem logistik yang dapat dicontoh adalah Cikarang Dry Port yang berada dalam Kawasan Industri Jababeka. Namun menurutnya, inisiasi pembangunan kawasan industri tersebut harus berawal dari pemerintah.

Sebelumnya Ade Sudrajat, Ketua Umum API menyampaikan Presiden Jokowi menawarkan agar sentra pabrikan TPT didirikan di Tegal. Menurutnya, lahan yang disiapkan di Tegal seluas 42 hektare. Selain itu, Ade mengusulkan agar masa guna bangunan pabrikan diperpanjang menjadi 50 tahun, dilansir dari Bisnis.

Iswar Deni, Sekretaris Perusahaan PT Pan Brothers Tbk. menilai pemilihan Jawa Tengah sebagai sentra industri TPT merupakan langkah yang bagus. Menurutnya, pemindahan sentra industri TPT dari Jawa Barat ke Jawa Tengah dapat memperkuat daya saing dan daya dukung TPT nasional. Ia juga mengatakan industri TPT merupakan industri padat karya yang sesuai dengan kondisi tenaga kerja di dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here