Kondisi Terkini Pulau Komodo Yang Akan Dijadikan Tempat Wisata Premium

0
22
Ilustrasi Pulau Komodo.(Foto:CNBC Indonesia)

Rotasimarket.com – Pemerintahan Joko Widodo punya mimpi untuk menjadikan Pulau Komodo menjadi obyek wisata premium di mana hanya turis kelas atas yang bisa menikmatinya. Bahkan diwacanakan harga tiket mencapai US$ 1000 per orang atau sekitar Rp 14 Juta.

Rencana untuk mewujudkan wisata premium ini kembali ia singgung di sebuah acara di Ritz Carlton, Kamis Kemarin.

Bahkan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan punya rencana besar untuk mengembangkan Pulau Komodo. Adapun rencana yang ada adalah menata pulau tersebut menjadi destinasi pariwisata yang bisa menyerupai wisata di Afrika.

Lantas bagaimana perkembangan infrastruktur, sarana dan prasarana di lokasi wisata yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diwacanakan akan dikenakan tariff US$ 1000 atau Rp 14 Juta untuk melihat hewan langka tersebut. Saat ini, tiket masuk dikenakan sebesar 80 ribu untuk turis lokal.

Ilustrasi Kios Pedagang Yang Ada di Pulau Komodo.(Foto:CNBC Indonesia)

Selain bisa melihat komodo yang langka, kondisi di lapangan tak jauh berbeda dengan destinasi wisata di Kepulauan Seribu. Dimana Lokasi cinderamata yang belum tertata, serta tempat istirahat dan jajanan makanan yang apa adanya. Bahkan kios hanya beratapkan terpal, dengan bangku dan meja sederhana. Menunya pun seperti warung-warung kebanyakan. Seperti mi instan, gorengan, minuman botol, dan lainnya.

Ilustrasi Kios Pedagang Makanan.(Foto:CNBC Indonesia)

Salah satu kendala di Pulau Komodo adalah penyediaan listrik dan air yang masih terbatas. Dengan lokasi yang panas, sulit bagi warga untuk menyediakan es yang banyak diminta oleh pengunjung yang berdatangan.

Soal es mungkin masalah kecil, namum banyak permintaan dari kapal-kapal pengunjung untuk pasokan es ini. Apalagi dengan promo wisata yang gencar, bahkan sempat terlihat adanya kapal pesiar yang membawa ribuan turis ke Pulau Komodo. Es berperan penting untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman. “Tapi kami di sini susah pasok es-nya, ini mungkin yang harus dipertimbangkan pemerintah.”

Di lokasi tersebut tersebut, juga mudah dijumpai anak-anak di bawah umur yang menjajakan dagangan. Jika dagangan tidak dibeli, anak-anak ini tampak tak sungkan untuk meminta sekedar jajan ke pengunjung yang datang. Ini juga yang diteriakkan oleh para anak yang sedang berenang di sekitar pantai Pulau Komodo.

Ilustrasi Kios Cinderamata.(Foto:CNBC Indonesia)

Bahkan untuk tempat penjualan cinderamata pun masih seadanya dan murah jika pandai menawar

Tampaknya selain membangun sarana dan prasarana, masih ada pekerjaan rumah pemerintah untuk mensosialisasikan dan membangun jiwa pariwisata ke warga setempat.

Sementara, untuk rencana tiket Rp 14 juta atau US$ 1000 masih sangat simpang siur di warga. Menurut mereka, belum ada tindak lanjut dan dampak ke warga sejak wacana dilontarkan.

Jadi Pak Jokowi, mau dibikin sepremium dan semewah apa nantinya Pulau Komodo dengan harga tiket Rp 14 juta?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here