Berlakunya Bea Masuk, Industri Alas Kaki Malah Kesulitan Bahan Baku

0
5
Ilustrasi Industri Sepatu (Foto: Industry.)

Rotasimarket.com – Industri alas kaki meminta pemerintah agar turun tangan untuk membantu mengatasi kesulitan bahan baku setelah berlakunya bea masuk tindakan pengamanan sementara (BMTPS) di sektor tekstil dan produk tekstil (TPT) sejak November 2019.

Tanpa dukungan pemerintah, industri lokal khawatir tidak dapat berproduksi dalam 1 bulan – 2 bulan ke depan atau tidak bisa mempersiapkan suplai produk untuk periode Lebaran 2020 di mana biasanya terjadi kenaikan permintaan.

Firman Bakri, Direktur Eksekutif Aprisindo menyampaikan regulasi yang baru berlaku pada November 2019 itu membuat pelaku industri tidak bisa menyerap bahan baku tekstil impor untuk produksi.

Di sisi lain, pasokan bahan baku dalam negeri cenderung sulit dan mahal. Ia menyampaikan permintaan industri alas kaki untuk bahan baku tekstil memang seringkali beragam jenis, tetapi jumlahnya kecil. Dengan begitu, bila dipenuhi pun harga yang dikenakan oleh produsen tekstil dalam negeri sangat mahal, dilansir dari Bisnis.

Tanpa dukungan pemerintah, Aprisindo khawatir dalam 1 – 2 bulan ke depan para pelaku industri lokal akan menghentikan kegiatan produksi. Industri tidak bisa mengoptimalkan pasokan untuk periode Ramadan dan Lebaran 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here